Sosialisasi RTRW 2011-2031

Pada hari Rabu tanggal 4 April 2012 kemarin, Bappeda Kabupaten pandeglang dibawah Koordinasi Bidang Fisik dan Prasarana mengadakan Sosialiasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pandeglang Tahun 2011-2031 bertempat di Gedung Negara Pendopo. Acara sosialisasi yang diselenggarakan selama satu hari tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Unsur DPRD dan seluruh SKPD yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Latar belakang diadakannya sosialisasi tersebut adalah sebagai panduan bagi seluruh stakeholders yang ada di Kabupaten Pandeglang seiring dengan adanya perubahan UU Penataan Ruang dari UU 24/1992 ke UU 26/2007, adanya beberapa kebijakan baru baik dari pusat ataupun provinsi yang harus dirujuk dalam RTRW Kab. Pandeglang, tuntutan kebutuhan revisi RUTR Kabupaten Pandeglang Tahun 2004-2014 (Perda No. 5 Tahun 2004), adanya perkembangan wilayah dan trend pembangunan yang menuntut kebutuhan pola ruang yang tegas dan terakhir untuk mendorong percepatan pembangunan dan kegiatan investasi di Kab. Pandeglang.

Dalam pembukaannya Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang secara tegas mengatakan bahwa keberadaan penataan ruang dirasakan semakin penting dewasa ini, sejalan dengan kebutuhan bersama untuk penyelenggaraan pembangunan berbagai sektor dan menghindari konflik kepentingan dalam pemanfaatan ruang yang terbatas, dengan mengoptimalkan fungsi‐fungsi yang saling bersinergis, terutama fungsi ekonomi, sosial budaya dan lingkungan termasuk penyediaan infrastruktur publik.

Seusai sambutan pembukaan oleh Kepala Bappeda, Bupati Pandeglang dalam pidatonya memberikan arahan bahwa penataan ruang penting dilakukan agar terjaminnya pemanfaatan ruang yang nyaman, produktif dan berkelanjutan. Lebih lanjut Bupati Pandeglang menambahkan bahwa Perda RTRW Nomor 3 tahun 2011 memiliki posisi strategis karena kedepan Perda ini akan menjadi landasan hukum daerah dalam melaksanakan pembangunan dengan memanfaatkan ruang yang dimiliki, sehingga harapannya terjadi optimalisasi pemanfaatan sumber daya dengan berdaya guna, berhasil guna, serasi, selaras, seimbang dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seusai memberikan pidato sambutan, Bupati Pandeglang langsung membuka acara sosialisasi dan dilanjutkan Paparan RTRW Kabupaten Pandeglan 2011-2031 oleh Tim dari Bappeda Kabupaten Pandeglang,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>