Sosialisasi Surat Edaran Bupati Pandeglang tentang Pedoman Penyusunan RKA-SKPD Tahun Anggaran 2013

Untuk menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pandeglang Tahun 2013, pada Hari Kamis 11 Oktober 2012 Bappeda Kabupaten Pandeglang menyelenggarakan acara Sosialisasi Surat Edaran Bupati Pandeglang tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA)-Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tahun Anggaran 2013 yang merupakan rangkaian dari kegiatan penganggaran sebelum APBD disahkan bertempat di Oproom II Setda Kabupaten Pandeglang.

Acara yang dihadiri oleh seluruh SKPD Lingkup Kabupaten Pandeglang ini diawali dengan pembukaan yang terdiri dari laporan Ketua Panitia Penyelenggara yaitu Kabid P4S Bappeda, H. Budi S. Januardi, S.Pt., MM dan sambutan/arahan sekaligus membuka acara oleh Bupati Pandeglang, H. Erwan Kurtubi secara langsung.

Adapun beberapa poin penting yang disampaikan oleh Bupati Pandeglang dalam sambutannya yaitu:

  1. Bahwa dalam menyusun Rencana Kerja dan Anggaran, hendaknya mengacu pada RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2011-2016.
  2. Seluruh SKPD diberikan kebebasan untuk berinovasi dalam rangka mewujudkan visi misi kabupaten yang telah ditetapkan selama masih berada dalam koridor yang tidak melanggar ketentuan.

Setelah selesai dengan acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu ekspos para pemateri mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penyusunan RKA-SKPD. Adapun materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Bappeda Kab. Pandeglang, Drs. H. Aah Wahid Maulany, M.Pd, dengan materi paparan yaitu Surat Edaran Bupati Pandgelang tentang Pedoman Penyusunan RKA-SKPD Tahun Anggaran 2013.
  2. Kepala DPKPA Kab. Pandeglang, H. Pardjiyo Sukarto, SE.,MM, dengan materi paparan yaitu Analisis Standar Belanja (ASB).
  3. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kab. Pandeglang, Drs. Anwari Husnira,MM, dengan materi paparan yaitu Standarisasi Satuan Harga (SSH).
  4. Kepala Subbidang Program dan Penganggaran Bappeda Kab. Pandeglang, Septian Machendra, SE, dengan materi paparan yaitu Petunjuk Teknis Penyusunan RKA-SKPD TA. 2013.
  5. Bertindak sebagai moderator adalah Kabid Ekonomi dan Penanaman Modal Bappeda Kab. Pandeglang, Yamin Bunyamin, S.Sos., M.Si.

Dalam paparannya, beberapa hal penting yang disampaikan oleh Kepala Bappeda diantaranya:

  1. Substansi SE Bupati Pandeglang pada dasarnya masih banyak yang mengadopsi SE sebelumnya. Adapun perubahan-perubahan yang ditambahkan merupakan bentuk respon atas kondisi aktual;
  2. Salah satu perubahan yang ditambahkan dan perlu perhatian SKPD yaitu Pada belanja barang, Anggaran untuk belanja barang pakai habis (ATK) yang ada di tiap bidang pada SKPD harus dialokasikan pada Kegiatan Pengadaan Alat Tulis Kantor di Bagian Sekretariat/ Tata Usaha masing-masing SKPD yang kebutuhannya didasarkan atas daftar Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU). Demikian pula untuk belanja peralatan dan perlengkapan kantor yang harus dialokasikan pada Kegiatan Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor;.
  3. Dalam penyusunan RKA-SKPD, Program dan Kegiatan pada masing-masing SKPD harus sesuai KUA dan PPAS Kab. Pandeglang Tahun Anggaran 2013;
  4. Perlu digarisbawahi pula bahwa pagu indikatif pada SKPD sudah termasuk untuk membiayai usulan prioritas hasil pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Tahun 2012 yang lokasi dan kegiatannya tidak dapat dirubah lagi;
  5. Pada proses pelaksanaan asistensi RKA, peserta asistensi dari masing-masing SKPD diharuskan pejabat yang membidangi perencanaan SKPD dan didampingi oleh operator input RKA dengan membawa RKA awal yang dibuat pada format excel dan dokumen RENJA SKPD Tahun 2013 yang sudah disahkan;
  6. RKA-SKPD hasil asistensi tersebut diinput ke dalam sistem SIPKD untuk mendapatkan verifikasi akhir oleh Tim Asistensi dan Verifikasi.
  7. RKA-SKPD yang sudah mendapatkan verifikasi akhir kemudian disampaikan kepada BAPPEDA, DPKPA dan Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Pandeglang paling lambat pada 25 Oktober 2012.

Setelah itu, dilanjutkan paparan mengenai substansi ASB oleh Kepala DPKPA dan paparan mengenai SSH oleh Kabag. Administrasi Pembangunan Setda. Dalam paparannya masing-masing menjelaskan poin-poin yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari SKPD dalam penyusunan RKA-SKPD.

Pemateri terakhir adalah Kasubis PP yang menjelaskan tentang teknis penyusunan RKA-SKPD, mulai dari format yang harus diisi sampai dengan penginformasian jadwal asistensi dan verifikasi RKA-SKPD yang akan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober 2012.

Selesai diskusi panel kemudian acara ditutup oleh sambutan penutupan yang disampaikan oleh Wakil Bupati Pandeglang. Dalam sambutannya Wakil Bupati Pandeglang Hj. Heryani mengutarakan bahwa penyusunan anggaran berbasis kinerja yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya mendukung terwujudnya good governance dalam penyelenggaran Pemerintahan Kabupaten Pandeglang yang diimplementasikan dalam pengelolaan APBD yang mengarah pada azas profesionalisme.

 

Lia Lestari Mulyadiana, SS

Bidang P4S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>