Sinkronisasi, Harmonisasi dan Sinergi Kebijakan Penguatan Sistem Inovasi Daerah Kabupaten Pandeglang

Pada Hari Rabu tanggal 21 November 2012 bertempat di Op. Room II setda Kabupaten Pandeglang, Bappeda Kabupaten Pandeglang melalui koordinasi Bidang Program, Penganggaran, Penelitian dan Pengembangan Statistik melaksanakan acara Sinkronisasi, Harmonisasi dan Sinergi Kebijakan Penguatan Sistem Inovasi Daerah. Acara terdiri dari tiga bagian yaitu pembukaan, diskusi panel, dan penutupan.

Dalam pembukaan, sambutan yang pertama disampaikan oleh Kabid P4S yang berisi laporan ketua panitia penyelenggara, didalamnya disebutkan bahwa acara ini terselenggara atas kerjasama Bappeda Kabupaten Pandeglang dan Balitbangda Provinsi Banten dan mengundang unsur pemerintahan, unsur akademisi, unsur bisnis, dan unsur masyarakat Kabupaten Pandeglang.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Bupati Pandeglang yang didalamnya menyebutkan bahwa Beliau menyambut baik terhadap Sistem Inovasi Nasional seperti yang tertuang dalam Kebijakan Strategis Nasional Pembangunan Iptek 2010-2014, karena dengan begitu sistem inovasi nasional akan dapat dijadikan acuan penyusunan sistem inovasi daerah. oleh karena itu, Kabupaten Pandeglang pun perlu harus menyiapkan langkah-langkah strategis untuk dan mengimplementasikannya di Kabupaten Pandeglang khususnya pada sektor-sektor yang menjadi unggulan daerah.

Acara dilanjutkan dengan diskusi panel yang dimoderatori oleh N. Wachyudin, Direktur Eksekutif Banten Heritage. Terdapat 3 pembicara yaitu:

  1. Asisten Deputi Pengembangan Kelembagaan Deputi Bidang Kelembagaan IPTEK, Kemenristek RI, Drs. Fajar Suprapto, M.Sc., dengan tema Kebijakan Kemenristek tentang Implementasi SIDa dan Potret Keberhasilan Pembangunan melalui SIDa.
  2. Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang, Drs. H. Aah Wahid Maulany, M.Pd., dengan tema Potensi Unggulan Kabupaten Pandeglang.
  3. Asisten Direktur PT. Banten West Java, Muhammad Safrudin, dengan tema Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Dalam paparannya, perwakilan Kemenristek mejelaskan tentang segala hal yang berkaitan dengan SIDa . Adapun SIDa ini diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 03 Tahun 2012 dan Nomor: 36 Tahun 2012 Tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah.

Kepala Bappeda memaparkan tentang potensi unggulan yang terdapat di Kabupaten Pandeglang yang dapat dikembangkan lebih jauh lagi dan diharapkan dengan adanya SIDa ini dapat mendongkrak perkembangan potensi unggulan tersebut.

Asisten Direktur PT. Banten West Java menjelaskan tentang aspek pariwisata yang terdapat di Kabupaten Pandeglang yang mempunyai prospek cukup menjanjikan dan masih dapat dikembangkan . adapun yang sekarang sedang digarap adalah KEK Tanjung Lesung.

Dari diskusi panel ini diharapkan dapat merumuskan berbagai isu dan permasalahan strategis sebagai dasar penyusunan kebijakan pembangunan IPTEK di Kabupaten Pandeglang. Adapun kritik dan saran terkait dengan hasil diskusi panel ini dapat disampaikan melalui email: sekretariat@litbang.bantenprov.go.id“> sekretariat@litbang.bantenprov.go.id dan sms melalui nomor 0811123344.

 

Lia Lestari Mulyadiana, SS

Bidang P4S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>