Enter your keyword

ASISTENSI DAN VERIFIKASI RKA-SKPD TAHUN ANGGARAN 2013

ASISTENSI DAN VERIFIKASI RKA-SKPD TAHUN ANGGARAN 2013

Pada hari Selasa-Kamis / 16-18 Oktober 2012, Bappeda Kabupaten Pandeglang melaksankan assistensi dan verifikasi RKA-SKPD Tahun Anggaran 2013 bertempat di Op Room II Setda Kabupaten Pandeglang. RKA-SKPD merupakan dokumen yang digunakan untuk penyusunan rencana kerja dan anggaran SKPD antara lain memuat rencana program dan kegiatan, serta anggaran pendapatan, belanja dan pembiayaan SKPD. RKA-SKPD juga memuat informasi tentang urusan pemerintahan daerah, organisasi, standar biaya, prestasi kerja yang akan dicapai dari program dan kegiatan.

Dalam rangka menghadapi tahun anggaran 2013, maka seluruh SKPD diminta untuk menyusun RKA TA. 2013. Adapun pedoman penyusunan mengacu pada Surat Edaran Bupati Pandeglang tentang Pedoman Penyusunan RKA-SKPD TA. 2013, ASB dan SSH. RKA yang sudah disusun, diasistensi oleh tim yang terdiri dari Bappeda, Bagian Administrasi Pembangunan Setda, dan DPKPA Kabupaten Pandeglang.

Tim Bappeda menelaah :

  1. Meneliti Kesesuaian Kegiatan dalam RKA dengan Dokumen Rencana Kerja SKPD yang telah disahkan
  2. Memeriksa Indikator dan tolak ukur kinerja
  3. Memeriksa pagu indikatif kegiatan disesuaikan dengan PPAS TA. 2013
  4. Memeriksa kesesuaian program/kegiatan dengan visi, misi dan prioritas pembangunan
  5. Meneliti lokasi kegiatan, terutama lokasi hasil Musrenbang Kecamatan
  6. Meneliti latar belakang pergeseran pada program/kegiatan
  7. Meneliti kelompok sasaran kegiatan
  8. Meneliti kesesuaian belanja dengan sasaran kegiatan
  9. Meneliti nomenklatur program sesuai dengan RPJMD

 

Tim DPKPA menelaah 2 (dua) hal yaitu :

BELANJA LANGSUNG (BL)

  1. Menyesuaikan Belanja dengan Analisis Standar Belanja (ASB)
  2. Meneliti kesesuaian antara belanja pegawai, barang jasa dan modal
  3. Meneliti kesesuaian kode rekening dengan uraian
  4. Meneliti rencana penyerapan belanja pertriwulan
  5. Meneliti kapitalasi aset sesuai kebijakan akuntansi pemerintah daerah

PENDAPATAN

  1. Memeriksa kesesuaian pagu indikatif pendapatan
  2. Meneliti jenis dan target objek pendapatan
  3. Meneliti kesesuaian tarif/harga berdasarkan peraturan perundang-undangan
  4. Meneliti rencana pendapatan perbulan
  5. Meneliti tim penandatangan formulir RKA-SKPD Pendapatan
  6. DHKR dan DHKP.

 

Tim Bagian Administrasi Pembangunan Setda menelaah :

  1. Menyesuaikan Belanja dengan Standar Satuan Harga (SSH)
  2. Meneliti kesesuaian kegiatan dengan belanja yang terkait dengan proses pengadaan
  3. Meneliti tim penandatangan formulir RKA-SKPD Belanja Langsung pada setiap kegiatan

Asistensi awal menggunakan print out excel yang telah ditandatangani dan distempel oleh kepala SKPD untuk mendapatkan paraf awal. Pada saat asistensi kedua, peserta asistensi membawa RKA awal (format excel yang telah diparaf) dan RKA output SIPKD yang telah diperbaiki untuk mendapatkan paraf kedua. Dokumen RKA-SKPD yang telah selesai diasistensi, ditandatangani oleh tim verifikasi RKA-SKPD yang selanjutnya disampaikan ke BAPPEDA, DPKPA dan Bagian Administrasi Pembangunan Setda paling lambat disampaikan tanggal 25 Oktober 2012.

 

Lia Lestari Mulyadiana, SS

Bidang P4S

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.