Enter your keyword

Kerjasama Pengelolaan Air dan Sanitasi Pandeglang-Amsterdam

Kerjasama Pengelolaan Air dan Sanitasi Pandeglang-Amsterdam

Kerjasama Pengelolaan Air dan Sanitasi Pandeglang-Amsterdam

Pada hari Rabu Rabu tanggal 9 oktober 2013 bertempat di Oproom II Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang berlangsung acara penandatanganan kerjasama pengelolaan air dan sanitasi antara Pemerintah Kabupaten Pandeglang dengan World Waternet Belanda. Pemerintah Kabupaten Pandeglang secara langsung diwakili oleh Bupati sementara dari pihak Belanda diwakili direktur Waternet yaitu Gerard C. Rundberg.

Penandatanganan kesepakatan ini merupakan momentum yang penting bagi pemerintah kabupaten pandeglang sebagai suatu langkah untuk mencapai tujuan pembangunan daerah dengan membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak-pihak yang memiliki pengalaman dan kemampuan yang relevan dengan permasalahan yang ada di  Kabupaten  Pandeglang sehingga berbagai kendala dalam mencapai tujuan dapat diminimalisir.

Berkaitan dengan tujuan ini, World Waternet Belanda sebagai institusi pengelola air terpadu kota Amsterdam, yang sudah berhasil melaksanakan pengelolaan air dan sanitasi di  kota Amsterdam, termasuk didalamnya pengelolaan sanitasi, pengolahan air bersih, pengolahan air limbah, pengelolaan drainase dan penyaluran air limbah, pengelolaan sampah serta pengendalian dan penanganan banjir, dan bahkan produksi tenaga listrik yang dihasilkan dari hasil pengolahan air limbah, berkeinginan  untuk membagi ilmu, berbagi pengalaman dalam pengelolaan air dan sanitasi serta pengendalian dan pencegahan banjir dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Kerjasama ini akan berlangsung selama lima tahun dan akan dilaksanakan evaluasi setiap tahunnya, apabila berjalan baik tidak menutup kemungkinan untuk dilanjutkan kerjasama untuk lima tahun berikutnya. Untuk kesepakatan saat ini yang akan dikerjasamakan adalah dalam  hal pengelolaan air dan sanitasi dengan titik berat pada pengendalian dan pencegahan banjir serta penyediaan sanitasi dasar tetapi untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan untuk lebih memperluas lingkup kerjasama ini.

Beberapa hal yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang berkaitan dengan kerjasama ini adalah

  1. Menyediakan sarana sanitasi dan air bersih yang memadai bagi seluruh masyarakat Pandeglang. Tujuan  ini sekaligus juga merupakan salah satu sasaran dalam  Millenium Development Goals (MDG’s) yaitu sasaran 7c  mengurangi sampai setengahnya masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap air layak konsumsi dan sanitasi dasar.
  2. Melaksanakan pengelolaan sumber daya air yang ada di Kabupaten Pandeglang dengan baik sehingga dapat menghindari terjadinya kekeringan di musim kemarau dan banjir di musim penghujan.

IMG_7005

IMG_7015

IMG_6997

IMG_7018

IMG_7061

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.