Enter your keyword

Kegiatan Penyelenggaraan Musrenbang RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021

Kegiatan Penyelenggaraan  Musrenbang RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021

Kegiatan Penyelenggaraan Musrenbang RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang melaksanakan MUSRENBANG RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH  KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2016-2021 (Musrenbang), pada tanggal 19 Mei 2016 di Gedung Pendopo Kabupaten Pandeglang. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Pandeglang dan dihadiri oleh:

  1. Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pandeglang;
  2. Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang;
  3. Para Asisten Daerah Kabupaten Pandeglang;
  4. Staff Ahli Bupati;
  5. Perwakilan Pemerintah Provinsi Banten;
  6. Para Kepala SKPD;
  7. Para Camat dan Lurah;
  8. Perwakilan Instansi Vertikal; serta
  9. Perwakilan dari unsur akademisi, LSM, Organisasi pemuda/wanita, dan media cetak.

Pelaksanaan Musrenbang merupakan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah,  Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, serta peraturan teknis terkait.

Musrenbang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perencanaan pembangunan, dalam rangka penyusunan dokumen RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021. Kegiatan ini sebagai sarana menjaring aspirasi masyarakat dan pemangku kepentingan terhadap prioritas pembangunan serta merumuskan masukan dan saran untuk perbaikan rancangan RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021 yang telah disusun oleh Bappeda, sebagaimana diamanatkan dalam pasal 65 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat pada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi yang memberikan sambutan yaitu Direktur Pengembangan Wilayah mewakili Kepala Bappenas dan Staff Ahli Gubernur mewakili Gubernur Banten. Adapun pejabat pada Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang menyampaikan materi adalah sebagai berikut:

  1. Ketua DPRD Kabupaten Pandeglangmenyampaikan materi Pokok-Pokok Pikiran DRPD Kabupaten Pandeglang;
  2. Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang memaparkan Rancangan RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016 – 2021 yang berisi tentang visi, misi kepala daerah dan wakil kepala daerah, isu-isu strategis, tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan indikasi rencana program prioritas pembangunan daerah dan pagu indikatif; dan
  3. Kepala Sub Bidang Penataan Infrastruktur Wilayah Bappeda Propinsi Banten menyajikan materi Kebijakan dan Rencana Jangka Menengah Pemerintah Pusat dan Provinsi Banten di Kabupaten Pandeglang.

Selain sambutan dan pemaparan oleh para pejabat diatas, dilakukan diskusi kelompok yang dibagi dalam tiga kelompok yaitu Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya, serta Bidang Fisik dan Prasarana. Hasil dari diskusi kelompok meliputi:

  1. Matrik Tujuan, Sasaran, Strategi, dan Arah Kebijakan RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021 sebagai penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati;
  2. Matrik Kebijakan Umum dan Program Pembangunan Jangka Menengah Daerah rancangan RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021;
  3. Matrik Indikasi rencana program prioritas yang disertai kebutuhan pendanaan rancangan RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021; dan
  4. Matrik Indikator kinerja pembangunan rancangan RPJMD Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021.

Selanjutnya hasil diskusi tersebut disampaikan dalam Sidang Pleno dan dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan Hasil Musrenbang Kabupaten Pandeglang Tahun 2016-2021.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.