Enter your keyword

Musrenbang Kecamatan Tahun 2013

Musrenbang Kecamatan Tahun 2013

Musrenbang Kecamatan Tahun 2013

Musrenbang kecamatan dilaksanakan dengan tujuan untuk membahas rencana pembangunan hasil musrenbang desa/ kelurahan yang telah dilaksanakan sebelumnya selain itu juga merupakan ajang untuk melakukan sinkronisasi dan integrasi dengan usulan masyarakat yang tertuang dalam hasil reses anggota DPRD di wilayah kecamatan bersangkutan yang dilaksanakan sebelum musrenbang kecamatan.

Tim monitoring musrenbang terdiri dari Bupati, wakil bupati, pejabat esselon II, III dan IV serta beberapa staff. Adapun dinas yang terlibat diantaranya Bappeda, Setda, DPKPA, BPMPD Kab. Pandeglang.

Beberapa informasi yang disampaikan oleh tim monitoring pada pelaksanaan musrenbang diantaranya:

  1. Informasi tema dan prioritas pembangunan tahun 2014.
  2. Informasi pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2013.
  3. Informasi pagu indikatif Musrenbang Kecamatan tahun 2014.
  4. Informasi aplikasi SIM RENJA SKPD (agar seluruh usulan baik yang berasal dari musrenbang dan reses diinput pada aplikasi).
  5. Informasi mekanisme pelaksanaan musrenbang kecamatan dan format yang wajib disampaikan.
  6. Informasi mengenai batas waktu penyampaian hasil musrenbang sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Edaran Kepala Bappeda yaitu paling lambat tanggal 25 Februari 2013. Hal ini juga merupakan bobot tertinggi dalam penilaian pelaksanaan musrenbang kecamatan.
  7. Informasi mengenai PNPM Mandiri Perdesaan TA. 2013 dan ADD.
  8. Informasi mengenai PBB P2.
  9. Informasi mengenai Raskin.

Beberapa poin penting yang perlu jadi perhatian diantaranya:

  1. Usulan program dan kegiatan pembangunan perlu difokuskan dalam upaya menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sehingga perlu diurutkan berdasarkan skala prioritas dan harus sejalan dengan rancangan prioritas pembangunan yang tertuang dalam rancangan awal RKPD.
  2. Berbagai usulan yang tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh kecamatan, maka usulan tersebut wajib disampaikan kepada SKPD terkait kabupaten sesuai dengan tugas pokok dan fungsi SKPD tersebut, sebagai bahan dalam pembahasan rencangan RENJA SKPD dalam Forum SKPD atau Forum Gabungan paling lambat tanggal 25 Februari 2013.
  3. Hasil musrenbang kecamatan berupa berita acara hasil kesepakatan musrenbang dan merupakan bahan bagi kecamatan dalam menyusun Rencana Kerja SKPD atau RENJA Kecamatan harus disampaikan kepada Kepala Bappeda melalui Bidang P4S paling lambat tanggal 25 Februari 2013.

 

Lia Lestari Mulyadiana, SS

Bidang P4S

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.