Enter your keyword

Pariwisata

Wisata Alam

Pariwisata di di Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu andalan bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi daerah, hal ini disebabkan karena Kabupaten Pandeglang memiliki potensi yang sangat besar pada sektor pariwisata. Kondisi alam yang didominasi alam pegunungan dan pantai yang terpanjang di Propinsi Banten menjadikan Kabupaten Pandeglang sebagai alternative pariwisata yang sangat menjanjikan, dari mulai wisata pantai, wisata alam, wisata ziarah, wisata budaya sampai kepada wisata buatan. Namun demikian harus diakui bahwa perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pandeglang dirasakan masih belum optimal dibandingkan dengan potensi yang dimilikinya.

Dewasa kini pembangunan kepariwisataan diarahkan pada peningkatan peran pariwisata dalam kegiatan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan kesempatan berusaha dengan tujuan peningkatan penerimaan devisa dan pendapatan masyarakat. Untuk itu dorongan kebijakan pariwisata dalam menciptakan jumlah kunjungan wisatawan mutlak diperlukan.

Jumlah kunjungan wisatawan nusantara yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Pandeglang pada tahun 2011 mencapai 1.433.481 orang. Sedangan yang menginap pada penyedia jasa akomodasi sebanyak 414.692 orang dan mengalami peningkatan dibadingkan tahun 2010 yang hanya mencapai 144.531. sementara wisatawan mancanegara mengalami penurunan yaitu 13.227 orang dibandingka tahun 2010 yang mencapai 16.219 orang (sumber : BPS Kabupaten Pandeglang)

Beberapa objek pariwisata di Kabupaten Pandeglang diantaranya adalah :

Pantai Carita

Pantai Carita merupakan salah satu kawasan yang terkenal di Provinsi Banten, pantai ini sangat terkenal sejak dahulu kala. Dengan kondisi pantai yang landai, tanpa karang dan ombak yang bervariatif menjadikan pantai Carita menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung / wisatawan. Pantai Carita sangat unik karena daerah pantai tetapi sangat dekat dengan pegunungan sehingga membuat wisata ini menjadi variatif dikarenakan pengunjung bisa bermain di pantai dan juga bisa melakukan kegiatan di hutan/alam terbuka atau berkunjung ke air terjun curug gendang

Pantai carita1

Pesisir Pantai Carita

carita

Sunset Pantai Carita

Pantai Carita

Pantai yang landai dan ombak kecil menjadikan Carita sebagai alternatif liburan keluarga yang menyenangkan

Pantai Carita2

Permainan Air

Pantai carita3

Pantai Carita tampak dari kejauhan

Pasir putih carita

Pantai Pasir Putih Carita

Air Terjun Curug Gendang

Terletak di daerah kawasan pantai Carita, air terjun curug gendang berada di sebelah utara pantai Carita. Air terjun Curug Gendang berada di bawah pengelolaan Perhutani. Dengan letak ditengah hutan konservasi yang masih alami, jalan menuju lokasi air terjun dapat digunakan untuk jalur tracking hutan dan pengunjung dapat berenang/ terjun dari atas air terjun tersebut.

Curug Gendang

Curug Gendang

Pemandian Alam Cikoromoy

Merupakan pemandian dari sumber mata air yang terletak di Desa Kadubumbang kecamatan Cimanuk dan terletak kurang Lebih 9 Km dari pusat kota. Air yang jernih dan alami menjadi daya tarik tersendiri dari wisata alam cikoromoy ini. Dengan latar belakang gunung karang dan pulosari

Cikoromoy

Pemandian Alam Citaman

Sama halnya dengan Cikoromoy, Pemandian Citaman juga merupakan pemandian air alami yang terletak di kaki Gunung Pulosari  disana terdapat situs Batu Goong di dalamnya terletak kurang lebih 30 Km lebih dari pusat kota di daerah Kecamatan Jiput.

Citaman

Pemandian Air Panas Cisolong

Pemandian alam air panas dengan sumber mata air belerang yang berasal dari Gunung Karang, terletak di Kecamatan Kadu Hejo berjarak kurang lebih 5 Km dari pusat kota.

Cisolong

Sumber Mata Air Panas Cisolong

pintu masuk cisolong

Pintu Masuk Air Panas Cisolong

kolam cisolong2

kolam cisolong

Kolam Renang Air Panas Cisolong

Tanjung Lesung

Tanjung Lesung terletak di daerah Pantai Barat Jawa, di Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang. Pantai kawasan Tanjung Lesung dikenal sebagai beberapa kawasan pesisir pantai yang terbaik dan menawarkan beraneka ragam aneka wisata dari mulai surfing, tempat berenang yang tenang, terumbu karang yang cukup sehat, dan pasir pantai yang  putih.

Berjarak hanya sekitar 3 jam dari Ibu Kota Jakarta dan hanya 30 menit dari Pantai Carita Tanjung Lesung adalah pilihan yang menyenangkan untuk liburan akhir pekan. Keindahan dan ketenangan daerah sekitar Tanjung Lesung ini juga ditambah lagi oleh puncak legendaris Gunung Anak Krakatau dan hal Ini adalah salah satu pemandangan yang membuat Selat Sunda terkenal di seluruh dunia.

Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2012 Kawasan Tanjung Lesung ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus di sektor pariwisata, dengan demikian pengembangan Tanjung Lesung dimasa yang akan datang akan lebih terintegrasi sebagai industri pariwisata di Kabupaten Pandeglang.

Pantai tanjung lesung

Kejernihan Pantai Tanjung Lesung

dermaga tanjung lesung

Eksotisme Dermaga Tanjung Lesung

hotel_in_tanjung_lesung

Salah satu fasilitas hotel di Tanjung Lesung

Pulau Umang

Pulau umang terletak sekitar 183 Km dari ibu kota Jakarta dan memliki luas 5 Ha. Pulau umang merupakan objek wisata yang eksotis di ujung selatan Kabupaten Pandeglang. Pulau Umang memiliki pasir putih dan perairan biru yang jernih dan sangat cocok untuk liburan keluarga.

pulau umang2

Sailing Boat di Pulau Umang

Pulau-Umang1

Sunrise Pulau Umang

TNUK ( Taman Nasional Ujung Kulon )

Merupakan salah satu warisan dunia ( Natural World Haritage Site oleh UNESCO ), dan merupakan hutan konservasi yang dilindungi. TNUK merupakan habitat dari Badak Bercula Satu yang sudah langka. Ada beberapa pulau disekitar Taman Nasional Ujung Kulon, diantaranya : Pulau Handeuleum, Pulau Peucang dan Pulau Panaitan. Di kawasan Ujung Kulon ada tempat bermain surfing yang terkenal di dunia yaitu One Palm Point.

Beningnya Lautan dan Putihnya Pasir Pantai Ujung Kulon

Dasarnya Lautanpun Tak Mau Ketinggalan Menawarkan Eksotismenya

Eksotisme Hutan Ujung Kulon Tak Dapat Mengalahkan Keletihan Kaki Untuk Terus Melangkah

Eksotisme Satwa Liar

Kapal

Pasir Putih2

Ketika Satwa Liar Bersahabat

Snorkling2

Wisata Budaya

Calung Renteng

Lahirnya kesenian ini berawal dari ketidaksengajaan seseorang yang memukul kohkol ( kentongan ) guna mengusir babi hutan yang sampai saat ini masih sering mengganggu tanaman. Dari beberapa kohkol itu membentuk suatu nada ( laras ) kemudian berkembang sampai sekarang.

Calung Renteng

Adu Bedug

Merupakan salah satu jenis kesenian tradisional Pandeglang yang berakar dari tradisi menabuh bedug saat waktu shalat tiba, kemudian berkembang  menjadi sarana hiburan masyarakat pada saat bulan Ramadhan. Kegiatan adu bedug ini berlanjut menjadi perlombaan karena tidak hanya satu kampung saja yang memiliki kegiatan tersebut, maka adu bedug ini menjadi ajang perlombaan antar kampung yang akhirnya dibuatlah festival adu bedug.

Adu Bedug

Dzikir Saman

Dzikir saman disebut juga dzikir maulud merupakan kesenian tradisional rakyat Pandeglang yang menggunakan media gerak dan lagu ( vokal ). Tari saman berasal dari Kesultanan Banten yang dibawa para ulama pada abad 18 sebagai upacara keagamaan, namun pada perkembangan selanjutnya dapat pula dilakukan pada upacara selametan khitanan, pernikahan atau selametan rumah. Pemain dzikir saman berjumlah antara 26 sampai dengan 46 orang dan 2 sampai 4 orang sebagai vokalis.

dzikir saman

Ubrug

Istilah ubrug berasal dari bahasa sunda “ sagebrugan “ yang berarti campur aduk dalam satu lokasi. Pertunjukan ubrug dapat dilakukan dimana saja. Kesenian ini biasanya diselingi oleh dialog dan acting dari para pemainnya yang kadang memebuat penonton tertawa. Kesenian ini diiringi oleh seperangkat alat music seperti gendang, kulanter, kempul, gong angkeb, rebab, kecrek dan ketuk.

ubrug

Dodod

Merupakan seni pertunjukan yang menggambarkan kegiatan masyarakat ketika menanam padi. Tampilannya berupa tarian diiringi beberapa buah angklung dan dog-dog (sebutan masyarakat dodod). Gerakan merupakan peniruan dari gerak mencangkul, tandur, ngarambet (membersihkan rumput dengan tangan). Dilakukan pria dan wanita dengan suka cita dalam irama yang harmonis.

dodod

Wisata Ziarah

Makam kramat Aulia Syech Asnawi

Syech Asnawi adalah putra pasangan KH. Mas Abd. Al-Rahman dan Nyi Ratu Syabi’ah. Ia mendapatkan pendidikan agama tingkat dasar dari ayahnya yang wafat saat syech Asnawi berusia 15 tahun. Oleh keluarganya ia dikirim ke Mekah untuk melanjutkan studinya dibawah bimbingan Syeikh Nawawi al-Bantani, Syeikh Hasbullah al-‘Ama dan Syeikh Abd. Al-Hamid al-Maliki. Beliau adalah Kiai paling kharismatik tahun 1920-an yang memiliki jaringan murid yang sangat luas di Banten.

Makam kramat Aulia Syech Asnawi

Masjid Caringin

Masjid caringin

Makam Kramat Syekh Maulana Manshuruddin.

Syekh Maulana Manshuruddin adalah putra Sultan Abdul Fattah Tirtayasa dari Kesultanan Banten. Sultan Tirtayasa sendiri adalah keturunan Maulana Hasanuddin, sultan pertama Kesultanan Banten yang juga putra dari Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Djati, salah seorang Wali Songo.

Makam Kramat Syekh Maulana Manshuruddin