Enter your keyword

Pertambangan dan Penggalian

Kontribusi Sektor Pertambangan dan penggalian terhadap PDRB Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu sektor yang kontribusinya paling kecil.Dari tahun ke tahun kondisi tersebut relatif tidak ada perubahan, bahkan mengalami penurunan. Pada tahun tahun 2012 kontribusi sektor Pertambangan dan penggalian terhadap PDRB Kabupaten sebesar 0,13 %. Besaran kontribusi tersebut jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami penurunan. Dimana  pada tahun 2008 kontribusi sektor pertambangan dan penggalian terhadap PDRB tercatatr sebesar 0,42% dan pada tahun 2009 tercatat sebesar 0,22 % , tahun 2010 tercatat sebesar 0,15% dan pada tahun 2011 tercatat 0,12%. Secara terperinci akan disajikan dalam Grafik dibawah ini :

 

Hal tersebut sebanding dengan laju pertumbuhan sektor tersebut yang pada tahun 2011 laju pertumbuhannya tercatat -16,92%. Tetapi pada tahun 2012, baik nilai tambah, kontribusi maupun laju pertumbuhan sektor tersebut mengalami sedikit perbaikan dengan laju pertumbuhan 9,35%.

Namun bila dilihat dari hasil analisis LQ dengan nilai LQ>1, sektor pertambangan dan penggalian menunjukkan sektor basis di Kabupaten Pandeglang dengan nilai LQ pada tahun 2011 sebesar 1,16 dan tidak mengalami perubahan pada tahun 2012. Hal lebih disebabkan potensi Pertambangan dan Penggalian di Kabupaten Pandeglang cukup baik.Salah satu potensi pertambanga dan penggalian di Kabupaten Pandeglang adalah Emas dan perak yang terdapat di Kecamatan Cimanggu. Menurut data yang ada, cadangan emas di Kecamatan Cimanggu cukup untuk ditambang hingga 10 tahun dengan tingkat produksi sekitar 800 kilogram emas dan perak per tahun.

Selain potensi emas dan perak, potensi sektor Pertambangan dan penggaliandi Kabupaten Pandeglang, diantaranya(Belerang dan Sumber air panas) yang terdapat di Kecamatan Banjar, (Kapur/Jarang Darat dan Laut) yang terdapat di Kecamatan Labuan,Cigeulis, Cimanggu, Cibaliung, Cikeusik dan Cadasari, serta(Serat Batu Gift) yang terdapat diKecamatan Cigeulis. Secara terperinci akan disajikan dalam tabel dibawah ini :

 Potensi Pertambangan dan Penggalian

Di Kabupaten Pandeglang

Nama Kecamatan

Emas dan

Belerang

Kapur/Jarang Darat

Serat Batu Gift

Pasir

Minyak *)

Perak

Sumber air panas

dan Laut

Cimanggu  *  *
Banjar  *
Labuan  *
Cigeulis  *  *
Cibaliung  *
Cikeusik  *
Cadasari  *
Cikedal  *
Karangtanjung  *
Mandalawangi  *
Mekarjaya  *
Munjul  *
Pagelaran  *
Panimbang  *  *
Patia  *
Sobang  *
Sukaresmi  *  *
Sumur  *

Namun jka dilihat peruntukannya kawasan pertambangan, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pandeglang,adalah meliputi :

Nama Kecamatan

Jenis Tambang

  1. Kecamatan Cimanggu
  2. Kecamatan Cibaliung
  3. Kecamatan Cibitung
  4. Kecamatan Cikeusik
  5. Kecamtan Cigeulis
  6. Kecamatan Sumur
  7. Kecamatan mandalawangi

 

Kawasan Pertambangan logam berupa emas, pasir besi dan titanium.
  1. Wilayah Gunung karang
  2. Wilayah Gunung Pulosari

 

Kawasan Pertambangan panas Bumi