Enter your keyword

Rapat Koordinasi Data Pembangunan Daerah

Rapat Koordinasi Data Pembangunan Daerah

Rapat Koordinasi Data Pembangunan Daerah

Dalam upaya memberikan pemahaman tentang kegiatan statistik berupa penyusunan buku data pembangunan daerah kepada SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Pandeglang pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2013 Bappeda kabupaten Pandeglang melaksanakan kegiatan rapat koordinasi data pembangunan daerah bertempat di oproom Bappeda.

Rapat koordinasi dipimpin oleh Kabid P4S Bappeda Kabupaten Pandeglang, H. Budi S. Januardi, S.Pt, MM dengan pembicara antara lain Sekretaris Bappeda Provinsi Banten dengan tema paparan yaitu Kebijakan Data Provinsi Banten, BPS Kabupaten Pandeglang dengan tema paparan yaitu BPS Dalam Pembangunan Daerah dan Kasubid PP Bappeda Kabupaten Pandeglang dengan tema paparan yaitu Data Pembangunan Daerah.

Dalam diskusi didapatkan beberapa hal yang pokok dan patut menjadi perhatian semua SKPD di Kabupaten Pandeglang antara lain pertama yaitu, bahwa tujuan dari penyusunan data pembangunan daerah adalah untuk :

  1. Mendukung pengelolaan data dan  informasi pembangunan daerah;
  2. Meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah;
  3. Memudahkan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kemudian yang kedua, Buku data pembangunan daerah menampilkan data terkait indikator kinerja kunci penyelenggaraan pemerintah daerah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri  Nomor 54 Tahun 2010  tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah  Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Dalam Rakor juga disinggung peran instansi terkait dalam penyusunan data pembangunan daerah adalah :

  1. Bappeda Kabupaten Pandeglang bertanggungjawab dalam mengumpulkan dan merekap data baik yang bersumber dari BPS maupun SKPD lingkup Kabupaten Pandeglang.
  2. BPS Kabupaten Pandeglang sebagai verifikator data yang telah direkap oleh Bappeda Kabupaten Pandeglang sehingga akhirnya data tersebut menjadi data yang valid dan dapat digunakan sebagai bahan penyusunan buku data pembangunan daerah. Selain itu, BPS juga menyediakan analisis data yang kemudian menjadi rujukan valid atas data yang telah diverifikasi.
  3. Adapun SKPD lingkup Kabupaten Pandeglang sebagai sumber data pembangunan daerah.

Kemudian dalam rapat tersebut juga dihasilkan kesepakatan jadwal penyampaian laporan yang langsung ditujukan kepada Kepala Bappeda dengan ketentuan :

  1. Data dalam format excel berikut dengan rumus cara penghitungan melalui Surat Kepala Bappeda Nomor 050/ 377-Bapp/2013 tanggal 30 Mei 2013 perihal Permohonan Data Pembangunan Daerah Tahun 2010-2012 telah dikirimkan kepada SKPD terkait. Adapun data tahun 2010, 2011, dan 2012 diharapkan sudah masuk paling lambat tanggal 20 Juni 2013.
  2. Data tahun 2013, diharapkan sudah masuk pada minggu ke-2 bulan Oktober 2013.

Dalam Rakor juga diungkapkan adanya Informasi tambahan mengenai kegiatan statistik dari Kemendagri yaitu Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang harus disampaikan ke Bappeda dengan ketentuan:

  1. Data dalam format excel melalui Surat Kepala Bappeda Nomor 050/226-Bapp/2013 tanggal 26 Maret 2013 perihal Permohonan Data Pembangunan Daerah sudah dibagikan kepada SKPD terkait. Adapun data tersebut diharapkan sudah terkumpul akhir bulan Juni 2013. Data yang dimaksud adalah data tahun 2008-2012.
  2. Tingkat keterisian data akan dipantau terus oleh Tim SIPD Pusat dan di bulan Oktober akan dinilai tingkat keterisian data tersebut dan yang tertinggi akan diberikan penghargaan.

 

Lia Lestari Mulyadiana, SS

Bidang P4S

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.