Enter your keyword

Rapat Koordinasi Tim Persiapan dan Penandatanganan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung

Rapat Koordinasi Tim Persiapan dan Penandatanganan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung

Rapat Koordinasi Tim Persiapan dan Penandatanganan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung

Guna mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung yang berkeadilan dan berdampak positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat sekitarnya, pada hari Senin Tanggal 8 Oktober 2012 dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Persiapan dan Penandatangan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pembangunan Kawasan Ekonomi Pariwisata Tanjung Lesung. Rapat yang bertempat di Op room II Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang dihadiri oleh Bupati Pandeglang, Ketua Tim Persiapan KEK Tanjung Lesung berikut Pokja Advokasi dan Pokja Legislasi dan para Kepala SKPD yang terkait secara langsung dengan pengembangan masyarakat sekitar kawasan.

Dalam laporannya, Ketua Tim Persiapan Pembangunan Kawasan KEK Tanjung Lesung, Ir. Tri Waskito, MM mengutarakan beberapa point penting terkait dengan progress pengembangan KEK Tanjung Lesung diantaranya sebagai berikut :

  1. Tindak lanjut penetapan KEK Pariwisata Tanjung Lesung meliputi Pembentukan Kelembagaan, Pelimpahan Kewenangan, Penetapan Badan Usaha Pembangunan KEK, Pembangunan KEK, Insentif dan Kemudahan, Pemantauan dan Evaluasi, Penetapan Badan Usaha Pengelola KEK, Operasional KEK.
  2. Beberapa tantangan mendasar yang perlu dihadapi antara lain : Orientasi ekonomi sosial budaya lokal yang perlu intens didorong dan dibina agar sinergis dengan sektor pariwisata, Keterbatasan infrastruktur transportasi darat, laut dan udara, Penertiban lahan terlantar pada Kawasan Strategis Pariwisata Pantai Barat Pandeglang khususnya koridor Citeureup, Camara Dan Sumur.
  3. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menindaklanjuti penetapan KEK Pariwisata Tanjung Lesung, antara lain : kesiapan aparatur di daerah dalam menyikapi masuknya investasi di daerah, kesiapan perangkat pendukung proses masuknya investasi, dan kesiapan masyarakat yang bermukim di daerah tersebut dengan masuknya kegiatan investasi
  4. Untuk mendukung percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, dikeluarkan Keputusan Bupati Nomor : 556/kep.77-huk/2012 tentang Pembentukan Tim Persiapan Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.
  5. Dalam melakksanakan tugasnya Tim Persiapan dibantu oleh Kelompok Kerja (Pokja) yang terdiri dari Pokja Legislasi yang pada intinya bertugas untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan perangkat hukum dan Pokja Advokasi yang memiliki tugas mempersiapkan masyarakat terutama disekitar kawasan agar siap dalam menghadapi KEK Pariwisata Tanjung Lesung.

Seusai Ketua Tim Persiapan memberikan laporannya acara kemudian dilanjutkan arahan dari Bupati Pandeglang, yang pada dasarnya Pemerintah Daerah mendukung sepenuhnya segala upaya yang dilakukan oleh tim dan agar bersinergi dengan pembangunan serta mendorong masyarakat agar berperan serta didalamnya tidak hanya menjadi objek melainkan subjek pembangunan pariwisata Kabupaten Pandeglang.

 

RAD KEK1RAD KEK7

 

RAD KEK2RAD KEK4

 

Hilmy Hudaya

Bidang FISPRA

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.