Enter your keyword

RPJMD KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2016-2021 TELAH DITETAPKAN

RPJMD KABUPATEN PANDEGLANG  TAHUN 2016-2021 TELAH DITETAPKAN

RPJMD KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2016-2021 TELAH DITETAPKAN

Sebagaimana ketentuan Undang-Undang  Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan  Daerah, dan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 bahwa Rencana Pembanguan RPJMD Kabupaten harus sudah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)  tentang  RPJMD paling lama 6 (enam) bulan setelah kepala Daerah terpilih dilantik. Proses penetapan Perda  RPJMD  melalui tahapan yang panjang, antara lain : Penyusunan rancangan awal RPJMD, Konsultasi Publik,  Rancangan RPJMD,  Musrenbang RPJMD,  Penyusunan rancangan akhir RPJMD, Review Inspektorat, konsultasi dan evaluasi RPJMD oleh Gubernur. Sementara, dalam proses penyusunan RPJMD Kabupaten Pandeglang juga melalui tahapan-tahapan yang di antaranya seperti tahapan tersebut di atas, serta sampai akhirnya  pada  tanggal 22 September 2016 ditetapkan menjadi  Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 7 Tahun 2016 tentang RPJMD Kabupatan Pandeglang Tahun 2016-2021.

Perda RPJMD ini juga, disusun setelah melewati proses yang komprehensif dengan memperhatikan semua aspek yang ada baik itu aspek internal maupun eksternal guna mencapai tujuan pembangunan yang diharapkan pada akhir periode RPJMD yaitu tahun 2021. Prioritas Pembangunan untuk mencapai tujuan pembangunan yang disusun telah mengakomodir usulan masyarakat, stakeholders serta hasil dari pembahasan bersama SKPD, DPRD Pandeglang, maupun Pemerintah Provinsi Banten.

Disamping itu, dalam penyusunan Perda RPJMD ini, mengingat visi dan  misi  serta  program kepala Daerah merupakan hasil proses politik terpilihnya Kepala Daerah dan wakil kepala daerah secara langsung oleh masyarakat, maka visi, misi, dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih, dijadikan sebagai substansi dan rujukan utama penyusunan RPJMD. Namun demikian, demi mendapatkan dokumen perencanaan yang baik, manageable, dan selaras dengan manajemen pemerintahan daerah, maka visi dan misi tersebut perlu dikembangkan dan dijabarkan sesuai prinsip perencanaan pembangunan daerah. Prinsip perencanaan tersebut meliputi perencanaan politik,  teknokratik,  partisipatif,  atas-bawah, top-down.

Adapun visi dan misi Kabupaten Pandeglang tahun 2016-2021  yang diusung oleh pasangan  Bupati  Pandeglang dan Wakil Bupati Pandeglang  yaitu Hj. Irna Narulita, MM. dan H. Tanto Warsono Arban, SE.,ME.  yaitu “Terwujudnya Pandeglang Berkah melalui transformasi harmoni agrobisnis,  maritimbisnis dan  wisatabisnis menuju rumah sehat dan keluarga sejahtera 2020”.

Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

 

  • Terwujudnya Pandeglang Berkah :

Merupakan wujud kebaikan yang bertambah dan berkesinambungan bagi segenap masyarakat Kabupaten Pandeglang sebagai hasil dari pelaksanaan pembangunan. Disamping itu juga, kata BERKAH merupakan motto yang  berarti bahwa Kabupaten Pandeglang :  Bersih, Elok, Ramah, Kuat, Aman dan Hidup, disingkat  BERKAH.

 

  • Transformasi Harmoni :

Merupakan perubahan yang selaras, serasi dan seimbang pada sistem tata kelola pemerintahan dan tatanan kehidupan masyarakat  ke arah yang lebih baik dengan jalinan kebersamaan dan kedamaian.

 

  • Menuju Rumah Sehat :

yaitu menuju kondisi daerah Kabupaten Pandeglang  yang  kondusif, masyarakatnya terpenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan, akses informasi, sanitasi, fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan secara baik.

 

  • Menuju Keluarga Sejahtera :

Yaitu menuju suatu keadaan dimana telah berkurangnya jumlah masyarakat miskin, meningkatnya kesempatan kerja, pendapatan dan daya beli masyarakat, serta terpenuhinya sarana dan prasarana yang mendukung perekonomian masyarakat Kabupaten Pandeglang yang maju dan mandiri.

 

Visi tersebut akan dicapai melalui 6 misi yaitu:

  1. Memenuhi kebutuhan dasar masyarakat;
  2. Membangun konektivitas wilayah;
  3. Meningkatkan nilai tambah sektor pertanian;
  4. Meningkatkan nilai tambah sektor maritim;
  5. Modernisasi pengelolaan potensi wisata;
  6. Meningkatkan tata kelola pemerintahan dan memperkuat sistem inovasi daerah.

 

Keenam misi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, sebagai fondasi lahirnya masyarakat Pandeglang yang agamis, sehat, cerdas, bahagia dan peduli sesama;
  • Membangun konektivitas wilayah, dengan menjadikan pergerakan masyarakat yang  dinamis guna mendorong aktivitas perekonomian yang berwawasan lingkungan;
  • Meningkatkan nilai tambah sektor pertanian, dengan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian, melalui perubahan produksi bahan mentah pertanian bergerak menuju industri pertanian dalam kerangka agrobisnis;
  • Meningkatkan nilai tambah sektor maritim, dengan memperbaiki pengelolaan tradisional menuju pengelolaan lebih modern melalui pendekatan industri dan bisnis;
  • Modernisasi pengelolaan potensi wisata, dengan meningkatkan kualitas destinasi wisata, seni dan budaya, penguatan sumber daya manusia serta manajemen pengelolaan objek wisata;
  • Meningkatkan tata kelola pemerintahan dan memperkuat sistem inovasi daerah, dengan menerapkan birokrasi yang bersih dan melayani berbasis sistem data dan informasi, serta meningkatkan kegiatan penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk lebih lengkapnya,  Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 7 Tahun 2016 tentang RPJMD Kabupatan Pandeglang Tahun 2016-2021 dapat dilihat diunduh/dilihat dalam website :  pandeglangkab.go.id dan bappeda.pandeglangkab.go.id

 

Dokumen

bab-i-rpjmd-2016-2021

bab-ii-2016-2021

bab-iii-2016-2021

bab-iv-2016-2021

bab-ix-2016-2021

bab-v-2016-2021

bab-vi-2016-2021

bab-vii-2016-2021

bab-viii-2016-2021

bab-x-2016-2021

matriks-progam-dan-indikasi-kegiatan

matriks-kebijakan-umum

matriks-program-dan-indikasi-kegiatan-beldas-prangkat-daerah

matriks-visi-misi-arah-kebijakn

perda-rpjmd-tahun-2016-2021-ok

 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.