Enter your keyword

Seminar Statistik Daerah Kabupaten Pandeglang

Seminar Statistik Daerah Kabupaten Pandeglang

Pada hari Selasa Tanggal 20 November 2012, bertempat di op. Room III Setda Kabupaten Pandeglang, Bappeda Kabupaten Pandeglang dibawah koordinasi Bidang Program, Penganggaran, Penelitian, Pengembangan dan Statistik (P4S) mengadakan acara Seminar Statistik Daerah Kabupaten Pandeglang dengan tujuan untuk penguatan data di Kabupaten Pandeglang.

Acara Dibuka oleh sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang yang diwakili oleh Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pandeglang. Dalam sambutan tersebut ditekankan mengenai pentingnya peranan data dalam pembangunan. Data dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan pembangunan. hal ini ditegaskan dalam pasal 30 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang berbunyi “perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan”. Oleh karenanya, data statistik daerah harus terus dioptimalkan supaya lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan dibentuk panel yang menghadirkan 4 pembicara dan dimoderatori oleh Kasubid P2S Bappeda Kabupaten Pandeglang yaitu Andi Afandi, ST, MT. Adapun bertindak sebagai narasumbernya yaitu:

  1. Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pandeglang dengan tema Reinventarisasi dan Penguatan Data untuk Pembangunan Perekonomian.
  2. Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang yang diwakili oleh Kabid P4S dengan tema Peran dan Fungsi Data untuk Perencanaan Pembangunan.
  3. Kepala BPS Kabupaten Pandeglang dengan tema Data dan Indikator Pembangunan Suatu Wilayah.
  4. Konsultan CV. Nazma Wildan yang memaparkan tentang produk sistem data statistik yang dihasilkan.

Dalam paparannya, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pandeglang memetakan fungsi data dalam pembangunan dan menyebutkan langkah-langkah reinventarisasi dan penguatan data untuk pembangunan, diantaranya:

  1. Menentukan kebutuhan data terkait dengan Pembangunan
  2. Membuat formulir data yang diperlukan
  3. Penguatan tim / personil pengumpul data
  4. Pengelolaan data menggunakan sistem database
  5. Analisis data dan integritas pengujian
  6. Analisis dan informasi data sebagai bahan kebijakan

Kabid P4S menjelaskan fungsi data dalam kegiatan perencanaan diantaranya:

  1. Memahami pola perkembangan dari keadaan atau fakta-fakta di masa lalu
  2. Identifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada masa lalu dan sekarang
  3. Untuk menilai efektifitas kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan di masa lalu
  4. Proyeksi atau peramalan kemungkinan kejadian di masa yang akan datang dengan berbagai alternatif asumsi
  5. Informasi dalam menyusun perencanaan pembangunan

Kepala BPS Kabupaten Pandeglang menjelaskan tentang indikator-indikator yang digunakan untuk membuat data statistik daerah yang diantaranya:

  1. Indikator Sosial
  2. Indikator Kinerja

Selain itu, Beliau menyebutkan pula tentang produk-produk data statistik yang dihasilkan yang sepenuhnya dapat dilihat pada situs www.pandeglangkab.bps.go.id

Dari seminar ini diharapkan peserta yang hadir yang terdiri dari perwakilan seluruh SKPD yang ada di Kabupaten Pandeglang dapat memahami pentingnya peranan data sebagai dasar pembangunan dan mengetahui sistem pengelolaan data statistik daerah terakait dengan data pembangunan.

Lia Lestari Mulyadiana, SS

Bidang P4S

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.